our blog

Ini Dia 6 Kegunaan LiDAR iPhone Yang Wajib Anda Tahu!

LiDAR iPhone 15 Pro Max

LiDAR iPhone adalah fitur keren yang terdapat pada iPhone yang mungkin belum diketahui banyak orang. Sejak diperkenalkan pada tahun 2020 mulai banyak daftar aplikasi yang memanfaatkan fitur LiDAR pada iphone.

Apa itu LiDAR?

LiDAR, atau Light Detection and Ranging, adalah teknologi canggih yang telah diadopsi oleh iPhone. Teknologi ini menggunakan sinar laser untuk mengukur jarak dan menciptakan pemetaan yang akurat. Berbeda dengan teknologi lainnya, LiDAR pada iPhone membawa sejumlah manfaat menarik yang akan kita bahas lebih lanjut.

LiDAR digunakan di banyak industri, termasuk penerbangan, satelit, dan kendaraan self-driving. Namun, teknologi LiDAR memasuki pasar smartphone pada tahun 2020 dengan iPhone dan iPad Pro Apple. Sejak saat itu, semua model Pro iPhone dan iPad, termasuk iPhone 15 Pro, memiliki sensor LiDAR. Untuk saat ini belum ada produsen Android yang menggunakan teknologi LiDAR.

6 Kegunaan LiDAR iPhone

1. Membantu kamera melakukan autofokus

Teknologi LiDAR iPhone mempercepat autofocus kamera
Teknologi LiDAR iPhone mempercepat autofocus kamera

iPhone dikenal banyak orang dengan hasil kameranya yang jernih, detail, beresolusi tinggi, dan warna yang akurat selama bertahun-tahun. Tetapi satu hal yang secara umum sulit dilakukan oleh banyak smartphone adalah pengambilan gambar dalam kondisi rendah cahaya.

Untungnya, iPhone 12 Pro dan model Pro yang lebih baru dapat menggunakan teknologi LiDAR untuk mendeteksi seberapa jauh jarak orang atau objek, lalu menggunakan data tersebut untuk autofocus yang lebih cepat dan akurat. Bahkan, Apple mengklaim iPhone dengan LiDAR dapat fokus hingga enam kali lebih cepat, bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Autofocus yang lebih cepat pada kamera iPhone Anda berarti gambar Anda akan memiliki lebih banyak detail dan lebih sedikit keburaman, bahkan jika Anda tidak memiliki pencahayaan cukup.

2. Mengukur benda secara akurat

LiDAR iPhone dapat membantu mengukur objek secara akurat
LiDAR iPhone dapat membantu mengukur objek secara akurat

Salah satu cara paling sederhana namun berguna adalah untuk melakukan pengukuran tanpa memerlukan penggaris dengan menggunakan sensor LiDAR pada iPhone.

Ada beberapa aplikasi LiDAR yang bagus untuk iPhone dan iPad, tetapi salah satu yang terbaik adalah aplikasi bawaan iPhone yang disebut Measure, yang menggunakan kamera iPhone Anda untuk melakukan perkiraan pengukuran.

iPhone yang dilengkapi LiDAR dapat mendeteksi informasi yang sangat akurat tentang seberapa besar objek dan jaraknya satu sama lain. Hal ini memungkinkan iPhone membuat pengukuran yang jauh lebih akurat.

Jadi, jika Anda sedang mengerjakan proyek perbaikan rumah secara mandiri atau ingin mengetahui apakah sofa baru Anda akan muat melewati pintu rumah, LiDAR bisa menjadi penyelamat.

3. Immersive AR Gaming

Pokemon Go salah satu game yang menerapkan teknologi AR
Pokemon Go salah satu game yang menerapkan teknologi AR

Pada tahun 2016, Pokémon Go menjadi salah satu game terpopuler pada masanya. Permainan ini menggunakan teknologi AR untuk membawa Pokémon virtual ke lokasi dunia nyata, tetapi sekarang, dengan LiDAR, Anda bisa membawa game AR ke level lebih tinggi.

Game seperti RC Club menggunakan sensor LiDAR iPhone Anda untuk memindai lingkungan sekitar Anda untuk menciptakan taman bermain augmented-reality. Tidak seperti kebanyakan game AR, LiDAR memungkinkan game membangun dunia virtual yang sangat detail dengan mempertimbangkan medan, ketinggian, dan fisika. Hal ini memungkinkan objek virtual berinteraksi dengan dunia nyata di layar.

4. Mendekorasi rumah

LiDAR iPhone dapat digunakan untuk mendekor ruangan
LiDAR iPhone dapat digunakan untuk mendekor ruangan

Aplikasi seperti Room Planner menggunakan LiDAR untuk menempatkan perabot virtual dan model dekorasi rumah langsung ke dalam rumah Anda. Dengan begitu, Anda dapat melihat dengan tepat bagaimana furnitur baru akan terlihat dan muat di dalam rumah Anda sebelum Anda melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Karena LiDAR dapat menghitung ukuran dan jarak secara akurat, model furnitur virtual akan muat di dalam rumah Anda seperti aslinya. LiDAR dapat membuat dekorasi (atau mendekorasi ulang) rumah Anda menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

5. Menciptakan 3D model

Contoh model 3D hasil scan LiDAR iPhone
Contoh model 3D hasil scan LiDAR iPhone

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa film blockbuster dan game AAA telah memanfaatkan pemindaian 3D atau fotogrametri. Teknologi ini memungkinkan pengembang memindai objek nyata dan membawanya ke dunia virtual. Tetapi dengan LiDAR, Anda sekarang dapat menggunakan teknik yang sama seperti para profesional dalam proyek Anda sendiri.

Baca juga: Scan to BIM: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Aplikasi seperti RealityScan dari Epic Games memungkinkan Anda menggunakan kamera iPhone dan sensor LiDAR untuk menggabungkan model 3D dengan cepat. Anda kemudian dapat mentransfer model tersebut ke proyek Anda di Blender atau Unreal Engine.

6. Membuat dunia virtual

Teknologi LiDAR pada iPhone bisa digunakan untuk mencipatkan VR yang imersif
Teknologi LiDAR pada iPhone bisa digunakan untuk mencipatkan VR yang imersif

Anda dapat menggunakan LiDAR untuk membuat salinan virtual dari lokasi di dunia nyata. Anda dapat membuat peta 2D ruangan Anda atau bahkan memetakan seluruh dunia 3D; kemungkinannya hampir tak terbatas.

LiDAR dapat membantu Anda menjembatani kesenjangan antara dunia virtual dan dunia nyata. Misalnya, jika Anda menjual rumah Anda atau ingin menyewakannya, Anda dapat menggunakan LiDAR untuk membuatnya kembali sebagai model 3D. Calon pembeli dapat mengikuti tur virtual sebelum melakukan kunjungan langsung.

Selain itu, Anda dapat memasangkan teknologi ini dengan headset AR/VR seperti Apple Vision Pro, sehingga memberikan pengalaman yang lebih imersif.

Daftar tipe iPhone yang mendukung LiDAR

Perangkat flagship terbaru Apple adalah satu-satunya perangkat yang dilengkapi dengan sensor LiDAR. Ketika Anda membalikkan ponsel menghadap ke bawah, Anda akan melihat lingkaran hitam di bagian bawah kamera.

Apple telah menggunakan teknologi LiDAR di ponsel sejak tahun 2020 dengan peluncuran iPhone 12 Pro. Namun, fitur ini hanya tersedia di model Pro kelas atas Apple.

Berikut ini adalah daftar tipe iPhone yang mendukung teknologi LiDAR:

  • iPhone 15 Pro Max
  • iPhone 15 Pro
  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPad Pro (versi 2020 dan keatas)

Dengan memahami kegunaan LiDAR pada iPhone, kamu dapat lebih mengoptimalkan penggunaan perangkat ini dalam berbagai aspek, mulai dari fotografi hingga pengukuran. Teknologi ini membawa pengalaman baru dan memperluas batasan dalam hal kreativitas dan fungsionalitas perangkat iPhone.

Referensi:

Newman, L. (2023) 6 exciting ways to use LIDAR on iPhone, MUO. Available at: https://www.makeuseof.com/iphone-lidar-uses/ (Accessed: 03 January 2024).