our blog

Pelatihan Pemodelan 3D dari Point Cloud

IMG-20230830-WA0007
Pemodelan 3D dari Point Cloud

Pemodelan 3D merupakan proses menciptakan representasi tiga dimensi melalui visualisasi konstruksi dari sebuah bangunan atau desain interior maupun eksterior. Sudah banyak industri yang menggunakan pemodelan 3D dan menerapkan pemodelan 3D di berbagai bidang, seperti industri manufaktur dan bidang kesehatan. Pemodelan 3D dirasa lebih efektif daripada hanya menggunakan pemodelan 2D karena konsep Pemodelan 3D yang disampaikan lebih baik dan memberikan hasil yang lebih informatif dan realistis dibandingkan dengan Pemodelan 2D.

Ada beberapa sumber data yang diolah untuk menghasilkan model 3D. Contohnya dengan menggunakan data point cloud dan juga menggunakan DED (Detail Engineering Design). Point cloud adalah data output yang didapatkan dari pengukuran menggunakan TLS. Detail Engineering Design (DED) adalah produk perencanaan yang dibuat konsultan perencana untuk pekerjaan bangunan sipil seperti gedung, jalan, jembatan, dan pekerjaan konstruksi lainnya. Pemodelan menggunakan data point cloud digunakan untuk bangunan yang sudah terbentuk atau sudah ada, sedangkan pemodelan menggunakan gambar perencanaan (DED) lebih condong ke bangunan yang masih dalam tahap pembangunan atau perencanaan.

Baca Juga : Jasa Konsultan Konstruksi gunakan teknologi BIM 

PT GeoBIM Indonesia membuka pelatihan untuk Mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) Geomatika UGM. Acara yang dilaksanakan dari tanggal 28 Agustus 2023 hingga 30 Agustus 2023. Pelatihan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB di kantor PT Madhava Persada Group yang berlokasi di Jl. Sawah Joglo, Ngentak, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Materi pelatihan ini disampaikan oleh trainer-trainer profesional dari PT GeoBIM Indonesia.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka percepatan pengerjaan pemodelan lawang sewu yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah oleh mahasiswa SV Geomatika UGM. Pengolahan dalam pelatihan ini menggunakan Software Revit untuk mengolah data point cloud. Pengolahan data tersebut dilakukan dengan cara importing point cloud ke Software Revit dan melakukan pemodelannya dari software tersebut. Penggunaan Software Revit mempermudah pengerjaan Modeling 3D dibading dengan sofware lainnya. Berikut Dokumentasi acara pelatihan yang dilakukan PT GeoBIM.

Dokumentasi Pelatihan Pemodelan 3D dari point Cloud